Tips Mendapatkan Apartemen yang Nyaman tapi Murah bagi Pengantin Baru

Akan tinggal di mana setelah menikah kerap menjadi hal yang membingungkan bagi banyak pengantin baru, terutama jika kedua pihak sebelumnya sama-sama merantau di kota besar. Pasangan pengantin baru yang mobilitasnya tinggi tentu menginginkan hunian nyaman dan strategis yang dekat ke tempat kerja dan pusat keramaian. Sayangnya, menemukan iklan apartemen dijual maupun hunian seperti itu tidaklah mudah terutama jika anggaran pas-pasan.


Rumah strategis di pusat kota atau pusat keramaian harganya sangatlah mahal. Harga tanah per meter persegi di pusat kota mencapai angka puluhan juta. Sebagai alternatif rumah tapak yang harganya mahal, pasangan pengantin baru bisa mempertimbangkan untuk membeli atau menyewa apartemen.

Apartemen cocok untuk dijadikan hunian pasangan pengantin baru yang memprioritaskan mencari hunian di pusat kota. Biaya untuk tinggal di apartemen memang sekilas tampak lebih mahal. Tapi jika dicermati lebih jauh, apartemen memberikan beberapa kelebihan yang belum tentu diperoleh ketika tinggal di rumah tapak. Terutama dalam hal fasilitas. Unit-unit apartemen umumnya sudah berupa hunian semi furnished atau full furnished.

Tinggal di apartemen juga membuat waktu dan anggaran transportasi menjadi lebih hemat dan efisien karena apartemen umumnya terletak di pusat kota yang dekat dengan pusat perkantoran, perbelanjaan, dan mudah menjangkau halte bus atau stasiun kereta.

Apartemen juga tak selalu lebih mahal daripada rumah tapak. Di beberapa kawasan Jakarta misalnya, masih ada apartemen dengan harga kisaran Rp 300 juta. Kebanyakan apartemen murah di kawasan Jakarta terletak di kawasan timur dan selatan Jakarta, mendekati kawasan penyangga seperti Ciputat, Bekasi, dan Depok. Kendati demikian, aksesbilitasnya sudah memadai karena dekat dengan halte bus dan stasiun KRL serta mudah menjangkau pusat keramaian seperti rumah sakit, supermarket, dan sarana pendidikan.

Meski masih tersedia beberapa pilihan apartemen murah di kawasan strategis perkotaan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut tips mendapatkan apartemen yang nyaman tapi murah bagi pengantin baru:

Harga terjangkau 

Murah itu relatif. Ketika memilih, pasangan pengantin baru hendaknya memprioritaskan untuk memilih apartemen dengan harga terjangkau. Jangan sampai separuh pendapatan habis untuk membayar sewa atau mencicil angsuran apartemen. Dengan demikian, Anda dan pasangan masih bisa memenuhi kebutuhan penting lainnya dan menyisihkan untuk dana darurat.

Selain luas, tinggi lantai juga memengaruhi harga suatu unit apartemen. Tinggal di hunian vertikal akan memanjakan mata dengan pemandangan kota dari ketinggian. Namun, unit apartemen yang menyuguhkan pemandangan seperti itu biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Untuk menekan anggaran, cobalah cari unit apatemen di lantai 2 atau 3. Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah.

Fasilitas memenuhi kebutuhan 

Sebisa mungkin cari unit apartemen full-furnished supaya tak perlu lagi keluar banyak biaya untuk membeli perabot rumah tangga. Pasangan pengantin baru bisa memilih apartemen tipe studio. Apartemen ini memang tak seberapa luasnya namun masih cukup untuk hunian keluarga kecil. Akan lebih nyaman bila di luar gedung apartemen juga tersedia fasilitas yang memadai. Dalam artian, dapat menunjang kebutuhan Anda dan pasangan. Bagi yang gemar berolahraga misalnya, cari apartemen yang dilengkapi dengan kolam renang dan gym.

Keamanan apartemen 

Meski yang diprioritaskan adalah apartemen berharga murah, faktor keamanan jangan sampai terabaikan. Setidaknya carilah aparteman yang menerapkan pengaturan dari petugas keamanan yang siaga 24 jam. Akan lebih baik bila terdapat CCTV di berbagai sudut gedung apartemen. Terlebih jika Anda berencana membawa kendaraan. Pastikan pengelola menerapkan sistem keamanan yang baik di tempat parkir.

Manfaatkan promo 

Salah satu cara untuk mendapatkan apartemen berharga murah adalah dengan memanfaatkan promo. Sering-seringlah datang ke pameran properti. Di sana, Anda akan menemukan banyak promo menarik. Biasanya pengembang akan memberikan potongan harga atau uang muka ringan untuk apartemen yang baru selesai dibangun supaya semakin banyak konsumen yang tertarik membeli.

Teliti sebelum membeli 

Marketing apartemen akan cenderung menonjolkan keunggulan apartemennya, dan pasti mengatakan unit tersebut ideal untuk Anda dan pasangan. Terlebih bila harga yang ditawarkan memang lebih murah dari pasaran, rayuan manis dari marketing akan susah untuk ditolak. Penting untuk mendiskuksikannya terlebih dahulu dengan keluarga atau teman yang lebih paham mengenai properti agar Anda tidak salah mengambil keputusan dan menyesal di kemudian hari.

Postingan populer dari blog ini

Mau Pindah ke Apartemen? Inilah Fakta dan Mitos Terkenal Tentang Tinggal di Apartemen

Tips dan Trik Menjadi Seorang Sales Penjualan Apartemen di tahun 2018