5 Barang yang Wajib Dimiliki oleh Penghuni Apartemen

Apartemen dianggap sebagai hunian praktis yang cocok dengan gaya hidup modern. Kalau menyewa aparteman, ibaratnya kamu tinggal bawa koper saja! Bagaimana tidak, unit apartemen sudah dilengkapi fasilitas lengkap. Jadi, kemungkinan besar kamu tidak perlu membawa furnitur apa pun. Dengan demikian, tak perlu repot pula menyewa mobil ataupun naik turun tangga mengangkut barang.


Tapi meski kamu menyewa apartemen full-furnished, tetap ada barang-barang yang perlu dibeli atau dibawa sendiri. Apa sajakah itu?

Perlengkapan tidur 

Biasanya pengelola apartemen sudah menyediakan lemari dan tempat tidur beserta bantal dan guling yang bahkan telah dilengkapi sprei. Tapi tetap saja kamu setidaknya harus menyiapkan satu sprei cadangan. Begitu pula dengan sarung bantal dan guling serta selimut. Jadi, kamu bisa mengganti secara rutin dan masih ada yang bisa dipakai saat sprei sebelumnya dicuci.

Perlengkapan mandi 

Apartemen menyediakan kamar mandi yang biasanya lengkap dengan shower dan water heater. Sayangnya, seringkali tak disediakan toiletries. Jadi, kamu perlu membawa peralatan mandi sendiri. Kelengkapan mandi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Secara umum, barang yang perlu kamu bawa setidaknya handuk, sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi.

Perlengkapan dapur 

Dapur atau tempat memasak jadi area krusial dalam suatu hunian, termasuk apartemen. Jadi, kamu perlu memastikan peralatan dapur yang diperlukan lengkap. Biasanya hanya tersedia kompor dan wajan. Kamu perlu membawa setidaknya rice cooker dan peralatan makan.

Meski kamu seringnya makan di luar, keberadaan rice cooker cukup penting untuk antisipasi ketika kamu sangat lapar atau tak bisa membeli makan ke luar. Membawa microwave, blender, coffee maker, dan toaster juga akan sangat membantu dalam hal menyiapkan makanan supaya lebih mudah dan cepat saat tinggal di apartemen.

Perlengkapan bersih-bersih 

Dengan membayar sejumlah biaya tambahan, kamu bisa menggunakan jasa kebersihan untuk membersihkan unit apartemen. Tapi, tak semua pengelola apartemen menyediakan layanan ini. Jadi, kamu juga wajib memiliki seperangkat alat kebersihan agar apartemen tetap nyaman. Perlengkapan bersih-bersih tersebut antara lain sapu, alat pel, pembersih toilet, spon, lap lembut dan vacuum cleaner untuk pembersihan debu yang lebih optimal.

Sebagai saran, perbanyak lap berbahan lembut. Ini akan sangat membantu ketika membersihkan cermin, porselen, dan peralatan lainnya yang berbahan pecah belah. Selain itu, beli keset dalam jumlah cukup. Dengan kata lain, setidaknya cukup untuk diletakkan di pintu menuju apartemen, pintu kamar, dan pintu kamar mandi.

Perkakas 

Salah satu keuntungan tinggal di apartemen daripada rumah tapak adalah penghuni tak perlu memperbaiki kerusakan sendiri. Cukup hubungi pemilik atau pengelola aprtemen, selanjutnya akan datang petugas untuk memperbaikinya. Tapi hal itu terkadang butuh waktu lama. Jadi, kamu juga perlu membawa perkakas sederhana untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil di unit apartemenmu.

Perkakas yang kerap diperlukan antara lain palu, obeng, tang, kunci inggris, meteran, pisau lipat, stapler, lakban, lem, tali, paku, kuas, dan bor kecil. Kalaupun tidak ada kerusakan, kamu mungkin perlu memasang paku untuk memajang foto atau mengemas barang yang tidak dipakai ke dalam kardus, dan untuk memudahkan semua itu perlu perkakas bukan?

Barang yang perlu dibawa saat akan tinggal di apartemen bisa berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa bertanya secara detail pada pemilik atau pengelola apartemen mengenai fasilitas yang disediakan. Dengan begitu, kamu hanya tinggal membawa barang yang kurang saja.

Postingan populer dari blog ini

Mau Pindah ke Apartemen? Inilah Fakta dan Mitos Terkenal Tentang Tinggal di Apartemen

5 Apartemen yang Murah di Jakarta: Cocok Untuk Pemula yang Baru Hijrah ke Jakarta

Tips dan Trik Menjadi Seorang Sales Penjualan Apartemen di tahun 2018